Selasa, 27 Mei 2008

Strategi Visualisasi: Memecahkan Soal Cerita Tanpa Persamaan Aljabar


Ide utama dari strategi ini adalah dengan mereduksi problem Aljabar menjadi sekedar problem Aritmatika saja. Karena berada dalam bentuk problem Aritmatika, siswa jelas akan lebih mudah menghitung daripada dalam bentuk problem Aljabar. Sehingga penguasaan dari strategi ini dapat digunakan di awal pengenalan bidang Aljabar, yang seringkali terasa sangat menyulitkan siswa. Strategi Visualisasi ini adalah contoh Metode Think CoW! yang cocok digunakan siswa pada Tahap konkret-operasional dalam bidang Aljabar.

Selanjutnya juga penguasaan strategi Visualisasi ini memudahkan siswa untuk mengenali pola-pola Aljabar dalam problem nyata yang dihadapinya sehari-hari, dan untuk memecahkannya dengan mudah karena strategi tersebut dapat divisualisasi tanpa harus menuliskan persamaan matematika.

Untuk mengaplikasikan strategi Visualisasi ini, perlu diperhatikan Pengetahuan Prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa. Pendekatan kognitif memang menekankan bagaimana memperoleh dan menggunakan Pengetahuan sehingga dalam penerapannya pada pendidikan, Pengetahuan Prasyarat dari siswa harus dapat diidentifikasi terlebih dahulu.

Friends's Comments
Thanks for your attention

RELATED ARTICLES



 
     Powered by    Blogger     Think CoW      METRIS